4 Langkah Pemasangan Kusen Aluminium dan Kaca yang Tepat

kusen aluminium
kusen aluminium

4 Langkah Pemasangan Kusen Aluminium dan Kaca yang Tepat

Kusen aluminium rumah yang minimalis saat ini menjadi idola para masyarakat modern. Bahkan kusen aluminium ini menjadi tren baru karena memiliki daya guna yang lebih baik dibandingkan dengan kayu dan UPVC. Selain itu proses pemasangannya pun ternyata juga lebih efisien, mudah, dan cepat. Beberapa keuntungan yang ditawarkan kusen aluminium adalah karena aluminium adalah bahan yang dibenci rayap sehingga tidak akan lapuk, tidak berkarat, tahan api, dan kuat, sehingga menjadi investasi yang tepat untuk bertahun – tahun kedepan agar tidak perlu mengganti kusen lagi.

Selain itu, kusen aluminium memiliki model yang modern dan minimalis tapi tetap mempermanis. Bahkan sudah semakin banyak model kusen aluminum yang unik dan menarik dibandingkan dengan jumlah model kusen kayu. Varian warnanya pun lebih banyak dan tetap membuat aluminium ini menarik, berbeda dengan kayu yang hanya cocok memakai warna tanah dan gelap seperti coklat kayu dan hitam.

kusen aluminium

Langkah Pemasangan Kusen Aluminium

Untuk bisa melakukan pemasangan kusen aluminium dan kaca yang tepat, anda perlu menyewa tenaga ahli untuk melakukannya. Namun sebagai pemilik rumah, tidak ada salahnya jika anda sedikit memahami langkah – langkah pemasangan kusen aluminium dan kaca yang tepat untuk mengecek dan melihat proses pemasangan yang dilakukan oleh petugas yang memasang kusen aluminium di rumah anda. Simak kangkah – langkah berikut ini:

1. Mempersiapkan Bahan Utama Pemasangan

Mempersiapkan bahan utama pemasangan adalah hal pertama yang harus dilakukan. Siapkan alat pemasangannya seperti kusen aluminium yang akan dipasang, kaca, hardboard, engsel, sealant, sekrup fisher, dan baut dynabolt. Selain itu, persiapkan juga alat yang dibutuhkan tukang untuk bekerja untuk berjaga – saja jika mereka lupa membawa salah satunya: gergaji, cutter, selang air, unting – untung, meteran, gerinda, waterpass, gun sealant, dan reevet.

2. Melakukan Pengukuran Lubang Dinding dengan Tepat

Langkah berikutnya adalah melakukan pengukuran lubang pada dinding yang akan dipasangi kuset aluminium. Pastikan ukuran dinding yang disiapkan sudah sesuai dengan panjang dan lebar kusen aluminium sebelum dilubangi.

3. Mempersiapkan berapa komponen ke dalam Dinding

Selanjutnya adalah mempersiapkan beberapa komponen ke dalam dinding. Setelah mempersiapkan lubang yang cukup untuk dipasang kusen aluminium, anda juga perlu menghaluskan permukaan dinding tersebut agar lebih rapi dan lurus. Sehingga lebih mudah dipasangi kusen. Jangan lupa memberikan kelonggoran sebesar 5 – 10 mm pada lubang yang sudah disiapkan tadi untuk menghindari pemuaian dan mempermudah penanaman kusen ke dalam dinding. Pasang juga sekrup fisher yang mampu menahan kusen dalam lubang dinding. Anda juga sebaiknya menambahkan penutup karet pada sekrup tersebut agar terlihat rapi.

4. Pasang Kusen pada Lubang Dinding

Setelah mempersiapkan bahan dan alat utama, langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah memasang kusen pada lubang dinding yang sudah dipersiapkan tadi. Langkah ini dimulai dengan mempersipkan engsel yang di tanam di salah satu sisi kusen menggunakan engsel yang sudah disekrup dengan aman ke kusen. Dalam proses pemasangan ini, semuanya harus dilakukan dengan sempurna dan menghindari resiko merusak kusen.

Saat kusen baru saja sampai, segera copot proteksi plastic berwarna biru atau bluesheet dan perhatikan seluruh bagian kusen. Lakukan pengecekan mendetail untuk menghindari kusen yang anda pesan dari berbagai kondisi yang bisa merusaknya seperti tergores, terjatuh hingga ada yang retak atau kerusakan – kerusakan lainnya

Konsultasikan kebutuhan Anda dengan menghubungi kontak di www.kusenaluminiummalang.com untuk memaksimalkan kenyamanan, keindahan sekaligus keamanan bangunan Anda.

Picture of King Aluminium Malang

King Aluminium Malang

Share this articles:

Picture of King Aluminium Malang

King Aluminium Malang

Share this articles:

Info & Berita

Artikel Terbaru