Merawat Kusen Aluminium dengan Benar

Share:

Merawat Kusen aluminium adalah suatu kewajiban bagi kita karena kusen aluminium adalah satu material yang populer digunakan pada konstruksi bangunan modern karena tahan karat dan kuat. Namun, seperti semua material, kusen aluminium perlu dirawat dengan benar agar tahan lama dan tetap terlihat bagus.

Berikut tips merawat kusen aluminium dengan benar:

  1. Bersihkan secara teratur Kusen aluminium harus dibersihkan secara teratur dengan air bersih dan sabun lembut. Hindari menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan kimia keras, seperti asam atau alkali, karena dapat merusak permukaan aluminium. Gunakan lap lembut atau spons untuk membersihkan kusen aluminium.
  2. Lindungi dari goresan Kusen aluminium rentan terhadap goresan, terutama saat pemasangan kaca atau jendela. Untuk mencegah goresan, pastikan kaca atau jendela diangkat dengan hati-hati saat dipasang. Hindari menggunakan benda tajam atau kasar untuk membersihkan kusen aluminium.
  3. Cek kondisi kusen secara berkala Periksa kondisi kusen aluminium secara berkala, terutama di daerah yang sering terkena hujan atau sinar matahari. Jika ada goresan atau kerusakan, segera perbaiki agar tidak semakin parah. Jangan biarkan kusen aluminium berkarat, karena itu dapat merusak struktur kusen.
  4. Gunakan pelumas Pelumas dapat membantu menjaga kusen aluminium agar tetap lancar dan tidak berbunyi saat digerakkan. Gunakan pelumas yang dirancang khusus untuk aluminium, dan jangan terlalu banyak menggunakannya.
  5. Cat ulang jika diperlukan Jika warna kusen aluminium sudah pudar atau terlihat rusak, pertimbangkan untuk mencat ulang kusen. Pilih cat yang dirancang khusus untuk aluminium, dan pastikan kusen aluminium benar-benar kering sebelum dicat.

Merawat Kusen Aluminium membutuhkan waktu yang lama?

Merawat kusen aluminium adalah suatu tindakan yang sangat penting untuk menjaga kekuatan, tampilan, dan umur panjang kusen tersebut. Namun, banyak orang yang khawatir bahwa merawat kusen aluminium membutuhkan waktu yang lama dan merepotkan. Berikut ini adalah informasi yang bisa membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Secara umum, merawat kusen aluminium tidak membutuhkan waktu yang lama. Kebanyakan tindakan perawatan yang perlu dilakukan hanyalah membersihkan kusen aluminium secara teratur, menghindari goresan, memeriksa kondisi kusen, menggunakan pelumas, dan mencat ulang jika diperlukan. Sebagian besar dari tindakan-tindakan tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama, dan dapat dilakukan dengan mudah.

Membersihkan kusen aluminium, misalnya, hanya membutuhkan beberapa menit waktu. Anda cukup menggunakan air bersih dan sabun lembut untuk membersihkan kusen aluminium, lalu mengeringkannya dengan lap kering atau spons. Anda tidak perlu membersihkan kusen aluminium setiap hari, tetapi cukup dilakukan secara teratur, misalnya seminggu sekali.

Memeriksa kondisi kusen aluminium juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda hanya perlu memeriksa kusen secara berkala, misalnya setiap 3-6 bulan, untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan atau goresan yang memerlukan perbaikan.

Menggunakan pelumas dan mencat ulang kusen aluminium juga bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Anda hanya perlu mengoleskan pelumas pada kusen aluminium atau menggunakan cat untuk mencat ulang kusen sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Jadi, merawat kusen aluminium tidak perlu membutuhkan waktu yang lama atau merepotkan.

Apakah Kusen Aluminium Tahan Air?

Kusen aluminium adalah material konstruksi yang populer dan banyak digunakan pada bangunan modern. Kusen ini dikenal tahan karat dan kuat, namun banyak orang masih bertanya-tanya apakah kusen aluminium tahan air. Berikut ini adalah jawaban yang bisa membantu menjelaskan hal tersebut.

Secara umum, kusen aluminium dapat tahan terhadap air, asalkan kusen tersebut diinstalasi dengan benar dan dirawat dengan baik. Aluminium sendiri adalah bahan yang tahan karat dan tidak mudah korosi, sehingga bisa tahan terhadap air. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menjaga kusen aluminium agar tetap tahan terhadap air.

Pertama, pastikan kusen aluminium terpasang dengan benar dan rapat. Kusen aluminium harus dipasang dengan teknik yang tepat dan menggunakan material yang cocok untuk menghindari kebocoran. Pastikan sambungan antara kusen aluminium dan material lain seperti kaca atau kayu benar-benar rapat dan kedap air.

Kedua, periksa kondisi kusen secara berkala. Pastikan kusen aluminium dalam kondisi yang baik dan tidak ada kerusakan atau retakan yang bisa memungkinkan air masuk. Jika ada kerusakan atau retakan, segera perbaiki agar tidak semakin parah.

merawat kusen aluminium

Ketiga, lakukan perawatan secara teratur. Membersihkan kusen aluminium secara teratur dapat membantu menjaga kondisi kusen agar tetap tahan terhadap air. Pastikan kusen aluminium bersih dari debu, kotoran, atau bahan lain yang bisa menahan air dan mengakibatkan kerusakan.

Terakhir, hindari penggunaan bahan kimia yang keras dalam membersihkan kusen aluminium, karena bisa merusak permukaan kusen dan mengurangi kemampuan kusen untuk tahan terhadap air.

Secara keseluruhan, kusen aluminium bisa tahan terhadap air jika diinstalasi dengan benar, merawat kusen aluminium dengan baik, dan diperiksa secara berkala. Pastikan kusen aluminium dalam kondisi yang baik, bersih, dan dirawat dengan cara yang tepat agar bisa tahan terhadap air dan bertahan lama.

Merawat Kusen Aluminium agar tidak berkarat

pilihan yang populer YKK AP untuk jendela dan pintu pada bangunan modern karena tahan lama dan tidak mudah berkarat. Namun, walaupun aluminium tahan karat,tetap merawat kusen aluminium agar terlihat dan berfungsi dengan baik.

  1. Membersihkan kusen aluminium secara teratur

Membersihkan kusen aluminium secara teratur sangat penting untuk mencegah karat. Debu, kotoran, dan bahan lainnya dapat menempel pada permukaan kusen dan memungkinkan karat terbentuk. Bersihkan kusen dengan sabun dan air, atau gunakan pembersih aluminium yang tersedia di pasaran.

  1. Menghindari penggunaan bahan kimia keras

Bahan kimia keras seperti asam dan bleach dapat merusak permukaan kusen aluminium dan memicu terbentuknya karat. Hindari penggunaan bahan-bahan tersebut dan pilih pembersih yang lembut.

  1. Menjaga kusen aluminium kering

Air dan kelembaban dapat memicu terbentuknya karat pada kusen aluminium. Pastikan kusen tetap kering setelah membersihkannya atau setelah terkena hujan. Lap kusen dengan lap kering setelah membersihkannya atau setelah terkena hujan.

  1. Memeriksa kondisi kusen secara berkala

Periksa kusen aluminium secara berkala untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda karat yang mulai terbentuk. Jika ditemukan karat, segera bersihkan dengan cara yang tepat untuk mencegahnya semakin bertambah.

  1. Mengaplikasikan pelindung kusen

Mengaplikasikan pelindung kusen dapat membantu mencegah terbentuknya karat pada kusen aluminium. Ada banyak produk pelindung yang tersedia di pasaran, dan sebaiknya gunakan produk yang sesuai dengan jenis kusen aluminium yang Anda miliki.

Gunakan jasa aluminium profesional King Aluminium yang berfokus pada pembuatan serta pemasangan aluminium dari brand-brand ternama yang terjamin kualitasnya. Berbagai konsep bangunan di beragam lokasi dapat disesuaikan hingga tercipta hunian yang indah dan fungsional dengan nilai tambah. Layanan yang diberikan selalu optimal untuk setiap proyek hunian pribadi maupun berskala besar.

Tags

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

King Aluminium menjadi salah satu perusahaan terpercaya di Kota Malang yang berfokus pada pembuatan serta pemasangan aluminium dan kaca.

Info Pemesanan

Ruko Perumahan Mutiara Jingga Residence Blok AA 9, Tasikmadu, Malang

Info Terbaru